Home » , , , » COFFEE TIME EDISI #1 RABU, 16 NOVEMBER 2016 - LAUNCHING KUMCER "BEAUTIFUL RENDEZVOUS"

COFFEE TIME EDISI #1 RABU, 16 NOVEMBER 2016 - LAUNCHING KUMCER "BEAUTIFUL RENDEZVOUS"

Written By Salmah Nurhaliza on Minggu, 11 Desember 2016 | 06.01

Coffee Time Edisi #1 Rabu, 16 November 2016
Launching Kumcer “Beautiful Rendezvous”

Buku Kumcer Beautiful Rendezvous

Assalamu’alaikum.
Haiii, Kopinesia, salam semangat berkarya!
Di edisi perdana Coffee Time yang super ramai dan antusiasme luar biasa itu, kita me-launching sebuah kumcer kece berjudul “Beautiful Rendezvous” yang lahir di penerbit Stiletto lewat jalur indie. Wow, keren, ‘kan? Beautiful Rendezvous adalah kumpulan cerpen yang berkisah tentang dinamika asmara seorang banker. Penasaran sama kisahnya? Ini dia blurb-nya …

Terkurung di dalam rapat-rapat yang menguras energi dan pikiran, target tahunan yang mencekik, kunjungan ke lokasi proyek debitur di daerah antah berantah, menghadapi nasabah kelolaan yang keinginannya dari A sampai Z, belum tuntas, cinta lokasi tiba-tiba datang melanda—padahal peraturan bank melarang pernikahan dengan sesama karyawan. After everything we have been through, is it all worth fighting for? Delapan cerita tentang dinamika asmara banker. Yang manakah kisahmu?

Delapan cerpen di buku ini ditulis oleh delapan orang yang berbeda. Dan lima diantaranya justru tidak memiliki latar belakang sebagai banker. Menarik, ya. Mereka dipertemukan lewat sebuah lomba yang diadakan oleh Nulisbuku Klub IPB (@NBC_IPB) pada tahun 2014. Cukup lama juga ternyata sampai buku ini akhirnya bisa terbit.

Tema banker sendiri sengaja diangkat oleh pihak penyelenggara karena selama ini belum banyak karya fiksi yang menyuguhkan kehidupan seputar dunia perbankan. Nah, karena sebagian besar penulisnya bukan berlatar belakang dari dunia pebankan, mereka mengaku mengadakan riset besar-besaran dan tentunya mencari banyak referensi baik lewat buku maupun internet.

Meski cerita yang diangkat dalam setiap cerpen adalah soal cinta lokasi, tapi kisahnya gak melulu berisi romance yang mendayu-dayu bikin baper, lho. Menurut bocoran, ada satu cerpen yang memasukkan unsur “bunuh-bunuhan” dalam kisah pecintaan itu. Hmm … bisa disebut romantic-thriller mungkin, ya? Bikin penasaran banget, ‘kan?

Pesan yang ingin disampaikan para penulis sendiri dalam kumcer ini adalah, bahwa kehidupan banker selain tidak hanya terbatas sebagai teller maupun customer service, ternyata banyak kegiatan yang selama ini luput dari pemahaman masyarakat umum padahal sangat menarik untuk diketahui dan dikuti.  Bahwa di balik pakaian rapi, senyum manis di depan menyambut para nasabah, mereka punya cerita menarik yang tentunya belum banyak diketahui oleh orang-orang yang selama ini hanya datang untuk menabung saja.

Inilah para penulis dari kumcer keren ini : Altami Nurmila, Andi Facino, Eugnia Rakhma, Gilang Maulani, Hidya Nuralfi, M. Achor, Rani Evadewi, dan Starin Sani.

Tentunya banyak sekali ilmu yang didapat saat kelas berlangsung dan bisa dicatat oleh Kopinesia, terutama soal trik menulis dan trik promosi J. Apa saja? Ini dia garis besarnya :
1.      Salah satu cara untuk menulis mengenai tema yang tidak kita kuasai adalah lewat riset. Riset bisa dilakukan dengan wawancara kepada narasumber atau banyak membaca artikel di google terkait tema tersebut.

2.      Banyaklah membaca dan latihan agar makin terampil menulis dan tulisanmu tidak kaku.
3.      Saat menulis satu naskah kemudian banjir ide-ide baru, tetaplah relax, ambil notes dan coret-coret kasar saja ide yang melintas, setelah itu tetap lanjutkan ide yang sudah di eksekusi di awal. Tulisan yang bagus itu bukan yang rumit, tetapi bagaimana cara penyampaiannya supaya menarik.
4.      Salah satu trik untuk memeperkuat karakter tokoh adalah dengan menggabungkan karakter-karakter menarik dari orang-orang disekeliling kita. Jangan lupa, buat tabel karakter.
5.      Untuk trik promosi, ada beberapa hal bisa kita lakukan :
a.       Promosi ke teman, keluarga atau orang-orang yang suka membaca.
b.     Buatlah kuis atau lomba foto dengan buku tersebut dan dengan hadiah yang menarik tentunya.
c.       Minta bantuan [ada blogger kece untuk mereview.

Bagaimana, Kopinesia, keren, ‘kan? So, kalian para mahasiswa KOPI, jangan bolos ya di kelas Coffee Time berikutnya, juga di kelas-kelas lain pastinya. Dan bagi yang ingin me-launching buku atau novelnya, bisa hubungi Salmah Nurhaliza atau Ragiel Jepe, ya.

Well, selamat dan semangat berkarya!



Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar